Penyebab AC Mobil Tidak Dingin dan Cara Mengatasinya.Kamu pasti jengkel bila mendapati AC mobil kurang dingin terlebih bila sedang pulang kampung atau melakukan perjalanan yang jauh. Kondisi AC mobil yang tiba-tiba tidak dingin memang patut diperhatikan supaya kenyamanan saat mengemudi mobil tidak terganggu. Pasalnya, AC mobil menjadi salah satu bagian terpenting yang membuat pengemudi serta penumpang betah berada di dalam mobil. Itu pentingnya untuk tahu penyebab AC mobil tidak dingin dan cara mengatasinya supaya kamu bisa langsung memperbaikinya

DIsupport oleh Poker77 IDN

AC mobil tidak dingin saat cuaca panas, macet, atau tidak keluar angin bisa terjadi pada semua jenis dan merek mobil sehingga lazim terjadi. Salah satu yang jadi petunjuk AC mulai bermasalah yakni saat keluar angin, tapi tidak dingin. Lalu apa saja penyebab ac mobil kadang dingin kadang tidak atau ac mobil tidak dingin padahal sudah isi freon? .yang telah kita rangkum dalam mysmumn

1. Refrigerant atau Freon Habis atau Kurang

Penyebab AC mobil kurang dingin pertama yakni berkurangnya atau habisnya freon yang merupakan media pendingin AC mobil. Bila Freon berkurang atau habis, tentu menyebabkan AC mobil tidak dingin. Tentu Freon tidak akan habis bila tidak ada penyebabnya. Adapun yang menyebabkan Freon habis yakni terjadi kebocoran pada sistem AC seperti pada kondensor, sambungan seal o-ring, evaporator, ataupun komponen AC lainnya.

Ada baiknya kamu mencari terlebih dahulu titik kebocoran atau masalah yang terjadi pada AC sebelum menambahkan freon.Masalah AC mobil tidak dingin hanya keluar angin tidak boleh dibiarkan berlarut-larut karena bisa berimbas pada kerusakan komponen AC lainnya lainnya. Ada baiknya kamu datang langsung ke bengkel spesialis AC mobil.

2. Fan Belt atau Drive Belt Putus

Pengemudi mobil kerap mengalami putus atau copotnya fan belt, yang menghubungkan antara putaran mesin dengan kompresor AC mobil. Kompresor tidak akan berputar dan membuat kondensor tidak bekerja sebagaimana mestinya bila fan belt putus atau copot. Akibatnya, AC mobil tidak dingin dan hanya mengeluarkan angin. Solusinya, kamu bisa mengganti fan belt menggunakan fan belt berkualitas yang tahan lama serta tahan panas. Jadi sudah tahu kan penyebab AC mobil tidak dingin hanya keluar angin?

3. Kondensor Kotor

Penyebab AC mobil kurang dingin berikutnya yakni karena kondisi dari kondensor yang kotor. Padahal kondensor berfungsi untuk membuang panas yang dilepaskan kompresor. Akibatnya, AC mobil tidak dingin saat cuaca panas/siang hari apabila terdapat kotoran pada bagian dari kondensor. Kotornya kondensor karena tidak rutin dibersihkan sehingga menyebabkan menumpuknya kotoran atau timbul karat.

Kerusakan akan semakin parah bila kotoran sudah terlalu berlebihan. Misalnya proses pembuangan panas yang dihasilkan kompresor menjadi tidak sempurna sehingga menjadi penyebab AC mobil tidak dingin. Jadi penyebab AC mobil tidak dingin dan cara mengatasinya dengan rajin membersihkan komponen AC yang tertanam pada mobil.

4. Motor pada Extra Fan Mati

Kondensor pada mobil kamu tidak mengalami kerusakan? Mungkin yang jadi penyebab AC mobil kurang dingin adalah karena motor extra fan mati. Kamu bisa mengeceknya, apakah extra fan berputar atau tidak. Pasalnya extra fan yang tidak berputar atau rusak berpengaruh pada proses kondensasi yang menjadi tidak berjalan optimal.

Padahal, proses kondensasi adalah proses yang sangat penting untuk membantu penurunan suhu di dalam kondensor. Artinya, bila extra fan mati, otomatis tidak ada penurunan suhu di dalam mobil. Itulah alasan mengapa kabin mobil memiliki suhu yang panas.

Pada sistem AC pendingin apa saja yang menyebabkan udara tidak terasa dingin? Salah satunya motor pada extra fan yang malah membuat mobil menjadi overheat.

5. Magnetic Clutch Mengalami Kerusakan

Katup magnet atau Magnetic clutch merupakan bagian dari kompresor AC mobil yang bertugas menghubungkan putaran mesin dengan kompresor melalui drive belt. AC mobil bisa tidak berfungsi bila magnetic clutch di kompresor rusak. Salah satu sebab kerusakan magnetic clutch adalah cara pengoperasian AC yang tidak benar seperti menyalakan suhu terlalu rendah sehingga magnetic clutch sering putus-sambung.

Usahakan pengaturan suhu AC di posisi paling dingin saat mobil melaju dengan kecepatan tinggi dan dalam waktu yang cukup lama. Tujuannya supaya magnetic clutch jadi lebih awet, termasuk komponen AC lainnya. Selain itu, sebaiknya gunakan komponen asli supaya tidak terus terus mengalami kerusakan yang sama. Sebabnya, menggunakan komponen KW hanya akan membuat kerusakan tambah parah dan membuat kamu merogoh kocek lebih besar. Jadi sudah tahu kan penyebab AC mobil tidak dingin dan cara mengatasinya ini?

ini lah rangkuman yang telah kita rangkum dalam mysmumn