Cara Membuat Busur Panah “Recurve”.Busur recurve (busur modern) memiliki kemampuan menembakkan panah yang lebih jauh dan bertenaga ketimbang busur tradisional. Meskipun diperlukan keahlian dan latihan bertahun-tahun untuk menghasilkan busur recurve yang sempurna, langkah-langkah berikut ini akan membantu Anda untuk memulainya. yang telah kita rangkum dalam mysmumn

Disupport oleh  Poker77 IDN

Menyiapkan Busur

 

Gambar berjudul Make a Recurve Bow Step 1

Beli atau buat bagian batang kayu.

 Dari batang inilah busur Anda akan dbentuk. Panjangnya harus sesuai dengan panjang busur yang Anda inginkan, dan harus buat dari kayu yang kuat, lentur, dan mudah dbentuk dengan cara dpukul atau dtekan.

  • Kayu jenis hickoryyewlemonwood, dan maple cocok gunakan dalam pembuatan busur.

Siapkan alat-alat Anda.

Kapak kecil, tang pengunci (vice grip), bingkai pembentuk busur, tongkat penarik (tillering stick), kikir besar, pistol penghasil uap panas (heat gun), beberapa klem sekrup (screw clamp), dan pisau kerik kayu (draw knife) akan membuat prosesnya jauh lebih mudah ketimbang hanya menggunakan sebilah pisau dan objek besar yang berbentuk bulat

Buat sebuah garis.

Buatlah garis untuk kedua sayap busur (limb) dan tempat meletakkan anak panah (arrow rest) dengan pulpen. Tegakkan batang kayu dengan satu tangan dan ayunkan kapak Anda dengan tangan yang lain. Buatlah kedua sisi batangnya menjadi sehalus mungkin.

  • Anda bisa menentukan sendri spesifikasi yang paling sesuai untuk penggunaannya (sayap pipih [flat limb], sayap lebar [wide limb] atau sayap sempit [narrow limb]). Tandai posisi pegangan tangan Anda.

Cobalah batang busur Anda.

Pastikan batangnya membengkok dengan cara menginjak ujung bawahnya dengan bagian tengah kaki Anda, pegang ujung atasnya dengan satu tangan, dan tarik bagian belakangnya (sisi busur yang tidak menghadap Anda saat Anda menembak) ke arah Anda. Jangan lakukan secara berlebihan karena bisa merusak batang busur Anda.

Buat bagian sayap busur.

Setelah Anda membentuk busur Anda dengan kapak, kini Anda membuat kedua sayapnya. Tempatkan bagian pegangan dari batang busur Anda dalam tang pengunci, dan eratkan. Pastikan bagian belakang busur menghadap ke atas. Ambillah pisau kerik, dan keriklah sepanjang batangnya dengan ayunan yang panjang. Lakukan ini sampai pada ketebalan busur yang Anda inginkan.

  • Haluskan semua bagian kasar pada batang.
  • Jika dibuat terlalu tipis, busur Anda akan patah.