Berikut Obat-Obatan Herbal Untuk Kamu yang Sedang Mengalami Batuk

Batuk adalah suatu kondisi umum yang terjadi pada tubuh kita untuk membersihkan lendir yang ada di tenggorokan. Akan tetapi, batuk bisa saja terjadi dalam jangka yang panjang dan cukup mengganggu tenggorokan.

Saat mengalami batuk, kondisi ini sering kali membuat penderitanya merasa tidak nyaman, bahkan mengganggu aktivitas sehari-hari. Maka dari itu, banyak orang yang mencari cara agar batuk yang sedang di alami bisa segera sembuh.

Tapi, jangan buru-buru minum obat-obatan kimia ya. Kamu bisa mencoba dulu obat-obatan alami bila batuk yang di alami tidak parah. Apa saja pengobatan alami yang bisa di andalkan untuk meredakan batuk? Di lansir dari laman mysmumn.org, berikut ini daftarnya!

1. Makanan pedas

Di kutip dari laman Poker77 IDN, selain menambah nafsu makan, ternyata makanan pedas juga bisa membantu meredakan batuk lho. Kok, bisa?

Cabai yang di gunakan mengandung kapsaisin, yaitu senyawa aktif yang memberikan rasa pedas. Melansir sebuah penelitian dalam jurnal Respitory Medicine tahun 2015, senyawa tersebut dapat membantu mengurangi kepekaan saraf yang memberi sinyal pada otak ketika batuk. Hal tersebut tentu akan meringankan gejala dan intensitas batuk.

2. Sup ayam

Mungkin sewaktu kecil ibu kita sering memasak sup ayam untuk kita. Ternyata bukan tanpa alasan, tetapi sup ayam bukan cuma membuat tubuh terasa nyaman dan menutrisi tubuh yang sedang sakit, tetapi juga bisa bisa membantu meringankan keluhan batuk.

Melansir Livestrong, kaldu dari sup ayam bisa membantu mengencerkan lendir di dada dan paru-paru, menyembuhkan radang tenggorokan, dan mengatasi hidung tersumbat.

Bukan cuma kuahnya saja, tetapi campuran daging ayam dalam sup mengandung asam amino yang juga bisa membantu mengencerkan lendir di paru-paru, sehingga lebih mudah di keluarkan.

3. Jahe

Melansir Medical News Today, jahe dapat meredakan batuk kering karena mempunyai sifat antiinflamasi.

Senyawa antiinflamasi yang terkandung dalam jahe membuat membran di saluran udara lebih relaks, sehingga bisa mengurangi batuk. Bila kamu sedang batuk, coba buat air atau teh jahe. Kamu bisa menambahkan jahe ke dalam air panas. Kamu juga bisa menambahkan madu sebagai pemanis dan lemon agar rasanya segar.

4. Madu

Di kenal karena khasiatnya untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh, madu juga bisa di konsumsi untuk meredakan batuk.

Dalam sebuah penelitian yang di terbitkan dalam The Journal of family Practice, anak-anak yang mengonsumsi madu saat batuk mengalami perkembangan yang signifikan dalam penyembuhannya.

Beberapa penelitian lainnya juga menemukan hal serupa, bahwa madu dapat mendukung penyembuhan batuk tanpa ada efek samping di bandingkan dengan obat-obatan kimia yang di jual bebas.